BANYUWANGI – PT Bumi Suksesindo (PT BSI), perusahaan pengelola tambang emas di Gunung Tumpang Pitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, menerima penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kepedulian perusahaan terhadap para pekerja rentan atau informal di sekitar wilayah operasinya. Serah terima penghargaan dilangsungkan dalam acara Customer Gathering di Vasa Hotel, Surabaya, pada Kamis, 24 Oktober 2024, dengan perwakilan dari PT BSI, Luthfi Alfian, hadir untuk menerima penghargaan tersebut.
Dalam acara yang sama, BPJS Ketenagakerjaan kembali mendorong para perusahaan mitra untuk berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja informal di sekitar mereka. Melalui program Sertakan (Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda), BPJS Ketenagakerjaan menargetkan semakin banyak pekerja informal atau bukan penerima upah (BPU) yang mendapatkan perlindungan jaminan sosial. Program ini bertujuan untuk memperluas cakupan perlindungan bagi pekerja rentan yang sering kali belum memiliki akses terhadap jaminan sosial ketenagakerjaan.
Sejak bergabung dalam program Sertakan pada tahun 2023, PT BSI berkomitmen membayar iuran jaminan sosial ketenagakerjaan untuk para pekerja informal di wilayah Kecamatan Pesanggaran dan sekitarnya. Luthfi menyebutkan, jumlah penerima manfaat dari program ini mencapai 1.500 peserta setiap bulan. “Jumlah penerima manfaat mencapai 1.500 peserta setiap bulannya yang tersebar di wilayah Kecamatan Pesanggaran dan sekitarnya,” ujar Luthfi, Selasa (29/10/2024). Bagi PT BSI, penghargaan ini menjadi bentuk pengakuan atas upaya perusahaan untuk memberi manfaat langsung pada masyarakat sekitar.
Bagi Luthfi, penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan tersebut menjadi kebanggaan tersendiri. Ia menyatakan bahwa perusahaan tempatnya bekerja bukan hanya berfokus pada kesejahteraan karyawan, tetapi juga memberikan perhatian khusus pada para pekerja rentan di sekitar area operasionalnya. Keberadaan program Sertakan menjadi salah satu bentuk nyata kontribusi perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar. Lebih lanjut, Luthfi berharap ke depannya berbagai program sosial dari PT BSI dapat memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat.
Di samping pemberian penghargaan, BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur juga memanfaatkan momen Customer Gathering untuk mengedukasi perusahaan-perusahaan mitra mengenai layanan terbaru mereka. Salah satu yang disosialisasikan adalah aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), yang memungkinkan peserta mengakses berbagai layanan jaminan sosial secara digital. Aplikasi ini diharapkan memudahkan peserta untuk melakukan transaksi tanpa perlu datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.
Acara Customer Gathering ini, yang dihadiri berbagai perusahaan mitra, menjadi ajang penting untuk memperkuat kerja sama dan meningkatkan pemahaman akan manfaat jaminan sosial bagi seluruh pekerja, baik yang formal maupun informal.